BAB I
PENDAHULUAN
- Latar Belakang
Sistem Informasi Manajemen Pendidikan (SIMDIK) adalah sebuah
sistem informasi untuk kebutuhan manajemen lembaga pendidikan dalam hal ini
adalah sekolah, yaitu TK, SD, SMP, dan SMA. SIMDIK dikembangkan secara terpadu
dimulai dari proses operasional pendaftaran siswa baru, proses akademik,
pengelolaan keuangan, sampai operasional siswa menjadi alumni.
SIMDIK merupakan proses operasional sekolah. SIMDIK juga
dirancang sesuai dengan standar JARDIKNAS. Segala kebutuhan pelaporan dari
sekolah ke Dinas Pendikan Daerah maupun untuk kebutuhan Depdiknas dapat
dilakukan dengan mudah. Dengan adanya SIMDIK manajemen pendidikan menjadi lebih
mudah dan terkontrol
Dalam menghadapi globalisasi, sistem informasi semakin
dibutuhkan oleh lembaga pendidikan, khususnya dalam meningkatkan kelancaran
aliran informasi dalam lembaga pendidikan, kontrol kualitas, dan menciptakan
aliansi atau kerja sama dengan pihak lain yang dapat meningkatkan nilai lembaga
pendidikan tersebut.
- Rumusan Masalah
Dari
latar belakang tersebut, maka dalam makalah ini
penulis dapat merumuskannya menjadi beberapa rumusan masalah, yaitu:
1.
Pengertian dan Ruang Lingkup Sistem Informasi
Manajemen Pendidikan (SIMDIK)
2.
Tujuan dan Keunggulan Sistem
Informasi Manajemen Pendidikan (SIMDIK)
.
BAB II
PEMBAHASAN
SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PENDIDIKAN
A.
Pengertian Sistem
v Menurut
LUDWIG VON BARTALANFY,
Sistem merupakan seperangkat unsur yang saling terikat dalam suatu antar relasi
diantara unsur-unsur tersebut dengan lingkungan.
v Menurut
ANATOL RAPOROT,
Sistem adalah suatu kumpulan kesatuan dan perangkat hubungan satu sama lain.
v Menurut
L. ACKOF, Sistem
adalah setiap kesatuan secara konseptual atau fisik yang terdiri dari
bagian-bagian dalam keadaan saling tergantung satu sama lainnya.
Jadi, dari beberapa definisi sistem di atas, maka dapat
disimpulkan, sistem adalah sekumpulan unsur / elemen yang saling berkaitan dan
saling mempengaruhi dalam melakukan kegiatan bersama untuk mencapai suatu
tujuan. Sebagai contoh, dalam sistem komputer terdapat software (perangkat
lunak), hardware (perangkat keras), dan brainware (sumber daya manusia).
B.
Pengertian Sistem Informasi
Manajemen
Sistem informasi manajemen (SIM), dalam bahasa Inggris: management information system (MIS) adalah bagian
dari pengendalian
internal suatu
bisnis yang meliputi pemanfaatan manusia, dokumen, teknologi, dan prosedur oleh akuntansi manajemen untuk memecahkan masalah bisnis
seperti biaya
produk, layanan,
atau suatu strategi bisnis.[2]
Sistem informasi manajemen, istilah yang umum dikenal orang adalah sebuah sistem
manusia/mesin yang terpadu (intregeted) untuk menyajikan informasi guna
mendukung fungsi operasi, manajemen, dan pengambilan keputusan dalam sebuah
organisasi.[3]
Sistem ini menggunakan perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak
(software) komputer, prosedur pedoman, model manajemen dan keputusan, dan
sebuah “data base”.
Sistem informasi manajemen dibedakan dengan sistem informasi biasa karena SIM digunakan untuk menganalisis sistem
informasi lain yang diterapkan pada aktivitas operasional organisasi. Secara
akademis, istilah ini umumnya digunakan untuk merujuk pada kelompok metode
manajemen informasi yang bertalian dengan otomasi atau dukungan terhadap pengambilan
keputusan manusia,
misalnya sistem pendukung
keputusan, sistem pakar, dan sistem informasi eksekutif.
Dari uraian diatas dapat disimpulkan, Sistem informasi
manajemen adalah suatu sistem yang dirancang untuk menyediakan informasi guna
mendukung pengambilan keputusan pada kegiatan manajemen (perencanaan,
penggerakan, pengorganisasian, dan pengendalian) dalam organisasi.
C.
Pengertian Sistem Informasi
Manajemen Pendidikan
Ada beberapa pengertian tentang Sistem Informasi Manajemen
Pendidikan (SIMDIK) diantaranya, yaitu :
v SIMDIK
atau yang disebut SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DAN PENDIDIKAN adalah suatu sistem
data sekolah berbasis ITC dimana segala data base sekolah bisa tersimpan dengan
aman serta dapat terkoneksi melalui suatu server.[4]
v SIMDIK
adalah sebuah sistem informasi untuk kebutuhan manajemen lembaga pendidikan
dalam hal ini adalah sekolah.[5]
Sekolah yang dapat di cover dengan SIMDIK ini adalah sekolah TK, SD, SMP, SMA
dan sederajat.
v Sistem
Informasi Manajemen Pendidikan merupakan perpaduan antara sumber daya manusia dan aplikasi
teknologi informasi untuk memilih, menyimpan, mengolah, dan mengambil kembali
data dalam rangka mendukung kembali proses pengambilan keputusan bidang
pendidikan.[6]
Data-data tersebut adalah data empiris atau data/fakta sebenarnya yang
benar-benar ada dan dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya.
Dengan mempertimbangkan uraian-uraian di atas dapat
dikemukakan definisi alternatif sistem informasi manajemen pendidikan, yakni:
sistem, yang terdiri dari sekelompok orang, pedoman, dan perangkat pengolah
data, yang memantau dan mengambil kembali data dari lingkungan, yang memperoleh
data dari transaksi dan operasi dalam organisasi, dan yang menyaring, mengatur,
dan memilih data serta menyajikannya sebagai informasi kepada para pemangku
kepentingan pendidikan/sekolah, terutama bagi para manajer pendidikan pada
semua level dan fungsi organisasi, untuk mendukung pengambilan keputusan dalam
menjalankan fungsi-fungsi manajemen, untuk mendukung komunikasi, dan untuk
mendukung kegiatan operasional, termasuk di dalamnya kegiatan instruksional.
SIMDIK dikembangkan secara terpadu dimulai dari proses
operasional pendaftaran siswa baru, proses akademik, pengelolaan keuangan,
sampai operasional siswa menjadi alumni.
SIMDIK merupakan proses operasional sekolah. SIMDIK juga
dirancang sesuai dengan standar JARDIKNAS. Segala kebutuhan pelaporan dari
sekolah ke Dinas Pendidikan Daerah maupun untuk kebutuhan Depdiknas dapat
dilakukan dengan mudah. Dengan adanya SIMDIK manajemen pendidikan menjadi lebih
mudah dan terkontrol.
D.
Cakupan Sistem Informasi Manajemen
Pendidikan (SIMDIK)
Ruang
Lingkup SIMDIK Back-office :
v Koneksi
dan setting,
Identitas sekolah, setting tahun ajaran, seting kurikulum, koneksi database,
dan format tanggal.
v Pengelolaan
Kesiswaan,
Pengelolaan biodata masing-masing siswa, beasiswa, kasus kedisiplinan, data
kesehatan, data periksa, prestasi, perpindahan (mutasi) siswa, sampai
pengelolaan data alumni.
v Pengelolaan
Akademik, Laporan
nilai hasil ujian secara periodik, data nilai KTSP, data nilai KBK, data
absensi, data bimbingan dan penyuluhan, data kasus siswa, rencana pengajaran,
pengelolaan mata pelajaran, penjadwalan, dan prestasi akademik.
v Pengelolaan
Guru dan Karyawan,
Manajemen biodata guru dan karyawan, data keluarga, riwayat pendidikan,
pendidikan tambahan(kursus, training, seminar, workshop dsb).
v Pengelolaan
Keuangan,
Manajemen pembayaran biaya pendidikan, administrasi dana BOS (Bantuan
Operasional Sekolah)dan penggunaannya, biaya tambahan, seperti : biaya
praktikum, biaya ekstra, dll.
v Pengelolaan
Perpustakaan,
Pengelolaan buku (judul, kategori & deskripsi), status keanggotaan dan
peminjam, stock inventory, Jurnal keluar masuk buku, laporan-laporan terdiri
dari : statistik peminjaman, statistik keluar masuk buku, rekap peminjaman, dan
rekap pengembalian.
v Pelaporan, Pelaporan siswa (induk siwa,
kesehatan, periksa kesehatan, biasiswa, kasus, dan bimbingan) per siswa, per
kelas dan seluruh siswa, pelaporan guru/pegawai (induk pegawai, bidang
pengajaran), rencana pengajaran, nilai, kelulusan, statistik dan laporan ke
DEPDIKNAS (data sekolah, siswa dan guru)
v Bank
Soal, Pengolahan data bank soal, penyimpanan
soal,pencarian dan pencetakan
E.
Tujuan Sistem Informasi Manajemen
Pendidikan (SIMDIK)
Tujuan
dari dibangunnya informasi berupa aplikasi Sistem Informasi Pendidikan adalah:
Ø Membantu
seluruh bagian yang berperan di dunia pendidikan dengan memberikan
informasi yang menyeluruh tentang pendidikan dari tingkat sekolah dasar hingga
sekolah menengah umum atau yang setara dengannya.
informasi yang menyeluruh tentang pendidikan dari tingkat sekolah dasar hingga
sekolah menengah umum atau yang setara dengannya.
Ø Memberikan
sarana agar seluruh bagian yang berperan dalam dunia pendidikan yang ada di
propinsi / kota kabupaten agar dapat berperan aktif dalam usaha memajukan usaha
pendidikan.
Ø Pertanggungjawaban
publik yaitu dengan memberikan informasi secara trasparan tentang kebijakan dan
pemakaian sumber daya yang dialokasikan untuk dunia pendidikan.
Ø Meningkatkan
pengetahuan guru dan murid tentang dunia informatika serta manfaat yang dapat
diambil melalui beberapa pelatihan.
Ø Memberikan
akses informasi yang mudah dan lengkap bagi pendidik dan siswa mengenai ilmu
pengetahuan dan informasi pendidikan lainnya.
F.
Nilai Lebih Sistem Informasi
Manajemen Pendidikan (SIMDIK)
Keunggulan
dari sistem ini adalah :
v Sesuai
standar JARDIKNAS (Departemen Pendidikan Nasional), sehingga pembuatan laporan
dari masing-masing sekolah maupun dari Dinas Pendidikan dapat dengan mudah dan
cepat di sampaikan tanpa harus membuat laporan ulang dan tanpa harus mencetak
laporan, hal ini karena format laporan dan jaringan sudah disesuaikan dan
menggunakan konsep singkronisasi online.
v Kemudahan
dan kecepatan proses pengolahan, penyimpanan, pencarian, pelaporan data dan
informasi yang dibutuhkan.
v Dikembangkan
secara integrated untuk kebutuhan administrasi akademik sekolah.
v Sistem
dapat disesuaikan dengan kebutuhan lembaga/institusi pendidikan terkait.
Keuntungan
SIMDIK yang diperoleh sekolah, yaitu :
Ø Dapat
memantau perkembangan pendidikan siswa secara akurat
Ø Dapat
meningkatkan pelayanan di bidang pendidikan kepada masyarakat secara akurat.
Ø Dapat
menyimpan database sekolah mulai dari data siswa,guru serta karyawan yang
terdiri dari data akademik, sistem kurikulum, administrasi, aset sekolah
dll
Ø Memudahkan
pekerjaan sekolah tersebut dalam segala aspek mulai dari BK, TU dan lain -lain
Ø Dapat
mengangkat BRAND IMAGE sekolah tersebut secara tidak dengan memiliki fasilitas
manajemen modern.
Keuntungan
SIMDIK yang diperoleh orang tua dan siswa, yaitu :
Ø Siswa
dapat berkreasi membuat blog/email dll
Ø Siswa
dapat memantau ilmu dari luar sekolah
Ø Siswa
dapat berkorespondensi dengan sesama pelajar diseluruh dunia
Ø Siswa
dapat mencari info beasiswa dari dalam/luar negeri
Ø Orang
tua dapat mengecek absensi/daftar nilai melalui fasilitas SMS
Gateway Go To School tanpa perlu repot datang kesekolah
Gateway Go To School tanpa perlu repot datang kesekolah
Ø Dapat
memantau perkembangan siswa/siswinya.
BAB III
PENUTUP
Dari
uraian diatas maka dapat penulis simpulkan, sebagai berikut :
Sistem informasi manajemen adalah suatu sistem yang dirancang untuk menyediakan
informasi guna mendukung pengambilan keputusan pada kegiatan manajemen
(perencanaan, penggerakan, pengorganisasian, dan pengendalian) dalam
organisasi.
Sistem Informasi Manajemen Pendidikan merupakan perpaduan antara sumber
daya manusia dan aplikasi teknologi informasi untuk memilih, menyimpan,
mengolah, dan mengambil kembali data dalam rangka mendukung kembali
proses pengambilan keputusan bidang pendidikan. Data-data tersebut adalah
data empiris atau data/fakta sebenarnya yang benar-benar ada dan dapat
dipertanggung jawabkan kebenarannya.
Ruang Lingkup SIMDIK Back-office : Koneksi dan
setting, Pengelolaan Kesiswaan, Pengelolaan Akademik, Pengelolaan Guru dan
Karyawan, Pengelolaan Keuangan, Pengelolaan Perpustakaan, Pelaporan, Bank Soal.
Sistem Informasi Manajemen Pendidikan juga memiliki keunggulan serta
keuntungan bagi sekolah maupun orang tua serta siswanya.
DAFTAR PUSTAKA
0 komentar:
Posting Komentar